foto-benarkah-tikus-suka-keju

Benarkah Tikus Suka Keju?

Dalam film kartun, sering sekali terdapat adegan tikus yang selalu tertarik dengan potongan keju. Benarkah tikus menyukai makanan yang satu ini?
Sejauh ini para pembasmi tikus ataupun pemilik toko keju di Amerika berpendapat bahwa tikus sama sekali tidak suka keju. Bahkan, mereka menjauh dari beberapa jenis keju, karena penciuman mereka yang amat sensitif dan beberapa jenis keju mengeluarkan bau yang membuat mereka menjauh.
David Holmes, seorang ahli perlilaku satwa dari Manchester Metropolitan University pernah melakukan penelitian terkait kesukaan tikus pada makanan termasuk keju.Menurutnya, jika benar-benar lapar, tikus akan mengerikiti apapun seperti kardus bahkan manusia.
“Tikus memberi respon pada bau, tekstur, dan rasa makanan. Dan keju adalah suatu benda yang tidak tersedia dalam lingkungan alami mereka, dan karena itulah mereka tidak memberi respon pada keju,” ujar Holmes.
Kebanyakan tikus menyukai biji-bijian, buah-buahan, dan makanan manis. Jenis tikus lainnya lebih memilih serangga atau binatang kecil. Hal ini sudah menjadi kebiasaan tikus, bahkan jauh sebelum manusia menciptakan keju.
Jadi, dari mana sebenarnya mitos mengenai keju yang menjadi makanan favorit tikus itu muncul?
Holmes berpendapat, bahwa kartunis gemar menggambar keju berlubang dilengkapi dengan kepala tikus kecil yang lucu dan mencuat muncul dari lubang tersebut. Mereka menganggap hal tersebut lucu dan terus digunakan hingga kini.
Kita pun bisa melihat sampai sekarang bahwa Tom sering memberi umpan Jerry agar keluar dari tempat persembunyiannya dengan sepotong keju.
Jadi sebenarnya, makanan apa yang disukai tikus dan bisa digunakan untuk memerangkap? Ternyata, tikus menyukai selai kacang dan juga cokelat. Lebih manis, lebih baik. Selain itu Stephen Turner, salah satu manajer Pest Control Shop, distributor perangkap tikus di Eropa juga berpendapat, bahwa tikus kota menggemari hamburger.
Sumber : http://nationalgeographic.co.id