main_mouse-creeping-in-house-banner

Cara Mengidentifikasi Tanda-tanda Keberadaan Tikus

Tikus dikenal dapat menyebarkan penyakit, merusak properti dan mencemari makanan dan makanan ternak. Jika mereka dapat masuk ke dapat rumah atau area bisnis Anda, mereka dapat membawa parasit lainnnya yang tidak diinginkan, seperti kutu, caplak dan pinjal.

Bertindaklah secepat mungkin setelah terindikasi tanda-tanda keberadaan tikus karena tikus mampu berkembangbiak dengan cepat dan berpotensi menjadi masalah serius jika dibiarkan begitu saja.

Bagaimana cara mengidentifikasi tanda-tanda keberadaan tikus?

Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dijadikan petunjuk kemungkinan adanya keberadaan tikus :

Kotoran tikus

Tikus meninggalkan kotoran disekitar aktivitasnya. Biasanya ditemukan pada area yang sering dilewati tikus dimana tikus memproduksi hingga 40 kotoran setiap malam. Kotoran tikus got berwarna coklat gelap runcing, menggulung dengan panjang sekitar 9-14 mm. Kotoran tersebut dapat menyerupai sebutir beras yang besar.

Suara cakaran

Mempunyai tikus di atap Anda ? Tikus atap adalah pendaki yang lincah dan dapat dengan mundah mendapatkan akses ke ruang loteng dan bangunan lantai atas. Mendengar suara cakar pada malam hari di atas atap bisa jadi menunjukkan kehadiran mereka. Disisi lain tikus got adalah pendaki yang kurang mahir. Anda mungkin mendengar mereka berlarian di bawah gelangang, gudang dan lantai. Mereka lebih cenderung teridentifikasi oleh suara gertak gigi yang membuat mereka dikenal dengan nama Bruxing.

Jejak kaki (lintasan jejak)

Tikus meninggalkan tanda kaki dan tanda ekor pada tempat yang berdebu, pada bangunan yang jarang digunakan. Cahaya senter yang kuat pada sudut yang pendek seharusnya dapat mengungkapkan jejak yang jelas. Untuk menentukan apakah infestasi aktif atau tidak, taburi tepung atau bedak di sepanjang hamparan lantai dekat jejak kaki dan periksa trek baru keesokan harinya.

Semir tikus

Tikus menggunakan rute yang dibuat sepanjang pinggir papan dan dinding karena penglihatan mereka yang lemah. Minyak dan kotoran pada tubuh mereka meninggalkan noda dan tanda gelap pada kedua objek dan permukaan yang berulang kali tergesek.

Kerusakan

Tikus memiliki gigi yang tumbuh terus – menerus sehingga perlu mengunyah kayu dan plastik untuk menjaga gigi terus terasah. Hal ini berpotensi penyebab kebakaran apabila mengunyah kabel listrik. Perhatikan robekan pada kemasan makanan, karena tikus merobek makanan hingga terbuka, meninggalkan bekas gigitan yang terlihat.

Sarang

Tikus membangun sarang di tempat yang hangat, tempat yang tersembunyi dengan menggunakan bahan yang mudah robek seperti koran dan kain. Sarang tersebut akan sering ditempati oleh tikus mudan dan biasanya terletak dekat dengan sumber makanan. Periksa belakang dan dibawah peralatan, seperti lemari es, freezer, atau di dekat dapur.

Liang

Tikus got terkenal dalam hal menggali dan penggalian sistem liang yang luas untuk tempat tinggal, menyimpan makanan dan mendirikan sarang. Temukan liang di tumpukan kompos, bawah deck, taman gudang, atau di garasi.

 

Sumber : Diambil dari berbagai sumber