18403201_1606637612726782_680913611327444779_n

Dua Jenis Kecoa yang Paling Mungkin Sebabkan Alergi

Kecoa, hama yang tampilannya menjijikkan, dapat memicu alergi atau serangan asma. Namun, dari sekian banyak kecoa yang berkeliaran di dunia ini, hanya dua jenis yang paling mungkin menyebabkan atau memperparah kondisi alergi; kecoak Jerman (Blatella germanica) dan kecoak Amerika (Periplaneta americana).

Kecoa Amerika adalah sumber alergen yang terdapat di dalam ruangan. Ada lebih dari dua puluh komponen pengikat IgE yang diidentifikasi. Namun, hanya sembilan alergen yang mesti ditakutkan.

Kecoa mengandung protein yang merupakan alergen, zat yang menyebabkan reaksi alergi, bagi banyak orang. Seluruh bagian tubuhnya, termasuk air liur dan kutu kecoa adalah alergen. Kecoa mati saja masih dapat menimbulkan reaksi alergi.

Seperti dikutip dari situs Allergies About pada Senin (8/5/2017) munculnya alergen ini mirip dengan tungau debu yang bisa masuk ke selaput lendir mata, hidung, dan paru yang memicu terjadinya reaksi alergi. Biasanya, alergen ditemukan saat Anda sedang membersihkan rumah.

Oleh karena itu, hindari paparan kecoa dan kotorannya. Dengan rajin-rajin membersihkan rumah. Sebab, hama satu ini butuh makanan, air, dan tempat berlindung untuk bertahan hidup.

Ketika Anda ‘menyediakan’ hal-hal yang diinginkan kecoa-kecoa itu, sama saja Anda mengundang “tamu yang tidak diinginkan” itu datang.

Sumber : Liputan6.com